Dievaluasi Agensi Terkemuka, Ini Rating Bank SulutGo Menurut Fitch Rating

Dievaluasi Agensi Terkemuka, Ini Rating Bank SulutGo Menurut Fitch Rating

MANADO, (manadotoday.co.id) – Fitch Ratings merupakan agency rating terkemuka yang kinerjanya adalah mengevaluasi instrumen utang seperti obligasi berdasarkan stabilitas keuangan perusahaan atau badan pemerintah.

Rating ini adalah salah satu komponen penentu yang memberikan rasio kemungkinan akan suatu badan penerbit untuk mampu atau gagal membayar obligasinya.

Fitch Ratings Indonesia telah mengafirmasi Peringkat Nasional Jangka Panjang PT Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Utara Gorontalo (Bank SulutGo/BSG) di ‘A (idn).’ Outlook adalah Stabil berdasarkan surat Fitch Rating tertanggal 27 Agustus 2024.

Fitch juga telah mengafirmasi Peringkat Nasional Jangka Pendek di ‘F1+(idn)’ dan peringkat atas utang senior dengan jaminan di ‘A (idn)’.

“Peringkat Nasional ‘A’ menunjukkan ekspektasi tingkat risiko gagal bayar yang rendah relatif terhadap emiten atau obligasi lain di negara atau serikat moneter yang sama,” sebut Fitch dalam keterangan resmi, baru-baru.

Peringkat Nasional Jangka Pendek ‘F1’ menunjukkan kapasitas terkuat untuk pembayaran tepat waktu atas komitmen keuangan relatif terhadap emiten atau obligasi lain di negara yang sama.

“Hal ini didorong oleh peran penting yang dimainkan oleh bank dalam perekonomian dan pemerintah provinsi asalnya, diimbangi dengan skala kecil dan kepentingan sistemik yang rendah di tingkat nasional,” sebut Fitch.

Hal ini menunjukan bahwa BSG dinilai oleh agency independen mampu beroperasi dengan performa keuangan yang sehat.(*)

banner 300250